1.150: SMKN 2 Jakarta, Sekolah Menyenangkan

Guru yang megajar dengan senang hati, ikhlas, memberi pelayanan yang terbaik kepada anak didik, mendorong murid menjadi pribadi yang mandiri dan selalu update denga perkembangan eknologi adalah beberapa unsur yang harus diperhatikan jika seseorang ingin menjadi guru yang menyenangkan.

Demikian beberapa poin yang saya sampaikan pada workshop dengan guru-guru hebat di SMKN 2 Jakarta bertajuk Sekolah menyenangkan, Rabu 17 Nopember 2021. Saya bertandem dengan Om Jay, Guru SMP LABSCHOOL Rawamangun Jakarta.

Ini jejak saya yang ke 1.150 sejak 1990, jika ingin tahu jejak-jejak yang lain silahkan mampir kesini. Jika anda berkenan menyimak materi paparan saya di SMKN 2 Jakarta silahkan mengunduh di bawah ini:

Terima kasih kepada Ibu Kepala SMKN 2 Jakarta, Ibu Murni Astuti, S.Pd, MM yang telah bersinergi dan semua guru dan staf yang mensupport sessi saya, semoga progam Sekolah Menyenangkan dan Pusat Keunggulan di SMKN 2 Jakarta bisa terealisir dengan baik, love u all.

1.149: IG TIK PB PGRI, Mengelola Jejak Digital

Screen shoot diatas merupakan reportase salah satu peserta di blognya mengabarkan perjumpaan kami lewat dsikusi seru di group WA, ini sebagian tulisan Bu Shima di blognya https://tarianjemarishima.blogspot.com/2021/11/mengelola-jejak-digital.html.

Dunia digital saat ini menjadi sangat tak terbatas, apapun yang kita lakukan bisa saja terekam dalam jejak digital selagi kita masukkan kegiatan tersebut ke dalam dunia digital yang dapat berupa facebook, instagram, blog, situs pribadi dan lain sebagainya. Meski berada pada suatu daerah yang tergolong terpencil sekali pun kita juga bisa merekam jejak digital.

Dengan tegas Pak Dedi mengatakan bahwa “Kalau menurut saya ya apapun yang kita posting di internet pasti akan terekam secara digital baik itu foto baik itu tulisan baik itu suara cara akan terekam karena di internet ini luas ruangannya bisa menyeluruh bisa mendunia bahkan di pelosok manapun bisa membacanya itulah kekuatannya internet atau ide ya teknologi jadi di memang harus hati-hati untuk memposting segala sesuatu dan memang harus berhati-hati untuk bertindak segala sesuatunya karena nanti semua akan terekam secara digital karena menurut saya bukan kita saja yang akan memposting tentang diri kita tetapi apabila kita melakukan hal yang negatif itu akan diposting oleh orang lain dan akan ya rekam jejak digital nya itu akan buruk jadi memang harus benar-benar menjaga etika apapun baik itu secara terlihat dan tidak terlihat terutama pada rekam jejak digital ini terima kasih.”

Dari pemaparan materi malam ini dapat ditarik kesimpulan bahwa, seseorang bisa dikatakan hebat jika memiliki rekam jejak digital tentang dirinya yang terus update hanya saja dewasa ini dunia semakin canggih, akses internet dengan mudah di dapatkan di mana-mana, jadi kita harus bisa lebih bijak lagi dalam berselancar di dunia digital terutama terkait menyebarkan informasi pribadi agar tetap aman dan tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Terima kasih kepada Om Jay, Ibu Helwiyah dan semua rekan yang telah bersinergi mensupport sessi saya, ini jejak saya yang ke 1.149 sejak 1990, jika ingin tahu jejak-jejak yang lain silahkan mampir kesini, dokumentasi kegiatan training-training dan seminar-seminar saya bisa dinikmati di instagram, ratusan foto-foto ada di fanpage facebook dan ribuan video ada di channel youtube saya, adakah wajah yang anda kenal atau ada wajah anda sendiri disana? semoga bermanfaat.

1.148: PB PGRI, Belajar Berbicara Efektif

Selasa 2 Nopember 2021 Saya mendapat kehormatan untuk berbagi pengalaman menjadi pembicara kepada guru-guru yang luar biasa dari seluruh Indonesia, ini presentasi saya yang ke 1.148 sejak 1990.

Terima kasih kepada Om Jay, Pak Fajar, Ibu Rifatun dan semua yang mensupport sesi saya, semoga bermanfaat.

Ini jejak saya yang ke 1.148 sejak 1990, jika ingin tahu jejak-jejak yang lain silahkan mampir kesini. Jika anda perlu slide materi saya, silahkan mengunduh di bawah ini.

Dokumentasi kegiatan training-training dan seminar-seminar saya bisa dinikmati di instagram, ratusan foto-foto ada di fanpage facebook dan ribuan video ada di channel youtube saya, adakah wajah yang anda kenal atau ada wajah anda sendiri disana?