PESTA SAINS NASIONAL IPB UNIVERSITY: “Guru Kreatif & Inovatif di Era Digital”

DWITAGAMA IPB 9DWITAGAMA IPB 8DWITAGAMA IPB 7DWITAGAMA IPB 6DWITAGAMA IPB 5DWITAGAMA IPB 4DWITAGAMA IPB 3DWITAGAMA IPB 2DWITAGAMA IPB 1

Seminar Keguruan Pesta Sains Nasional 2019 kembali mengundang saya setelah perjumpaan tahun 2013, acara yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pesta Sains Nasional 2019 berupa seminar sekaligus workshop mengenai sistem pengajaran dan pendidikan yang ditujukan untuk para guru pendamping peserta di hari pertama Pesta Sains Nasional 2019, Sabtu 2 Nopember 2019 di Auditorium Common Class Room (CCR) kampus IPB Darmaga Bogor Jawa Barat.

Deskripsi Tema Materi
Pesatnya kemajuan teknologi informasi, membawa dampak pada bidang pendidikan di masa kini, yang mana partisipan terbesar pendidikan saat ini adalah Generasi Milenial. Generasi Milenial menurut para ahli, adalah generasi yang lahir pada rentang waktu tahun 80-an keatas. Generasi baru ini juga memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap kemajuan teknologi. Tentunya dalam mendidik generasi milenial, peran guru begitu besar. Tenaga pengajar dituntut memiliki metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam mengajar. Cara mengajar guru saat ini harus disesuaikan dengan perkembangan zaman atau dengan isu-isu terbaru seputar sains. Seorang guru yang inovatif dituntut mampu membuat anak didiknya menjadi seseorang yang kritis, kreatif dan problem solver. Pendekatan pengajaran guru juga harus divariasikan, mengingat bahwa Generasi Milenial saat ini memiliki kemampuan dan cara belajar berbeda, serta memiliki keunikan masing-masing. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, proses pembelajaran harus dibuat menyenangkan sehingga nantinya akan menimbulkan timbal balik yang positif terhadap hasil pembelajaran maupun kesuksesan masa depan anak didik.

Pesta Sains Nasional 2019 mengangkat tema “Treasure of Science” dengan harapan generasi muda penerus bangsa dapat menciptakan suatu perubahan dalam kemajuan sains serta penerapannya pada segala aspek kehidupan. Tentunya dengan melalui pengajaran yang kreatif dan inovatif, sehingga potensi dari peserta didik bisa berkembang dengan baik, serta menghasilkan generasi yang mampu berkolaborasi demi membangun bangsa dan negara.

Pembicara Seminar Keguruan
Bertindak sebagai Pembicara pada Seminar Keguruan, DEDI DWITAGAMA yang akan menyampaikan sistem pembelajaran baru yang lebih inovatif dengan pemanfaatan sumber daya dan teknologi sebagai sarana penyampaian materi pembelajaran. Diharapkan peserta dapat menemukan cara mengajar yang kreatif dan inovatif serta memberi kemudahan bagi peserta untuk memahami teknologi dengan baik supaya dapat memberi pengajaran yang mudah bagi siswa, sehingga potensi siswa dapat berkembang dengan baik.

Point Materi
1. Menciptakan suasana belajar yang menarik, interaktif dan kondisif bagi siswa
2. Menyampaikan nilai moral yang harus dipahami saat proses pembelajaran berlangsung
3. Membangun rasa pecaya diri siswa melalui konsep pembelajaran yang kreatif

Peserta Seminar Keguruan
Peserta Seminar Keguruan adalah para guru pembimbing Pesta Sains Nasional 2019 berjumlah 320 orang. Term of Refference selengkapnya bisa di simak di TOR dedi dwitagama.

Nikmati dokumentasi training saya:
Foto-foto di Fanpage Facebook,
Foto-foto dan video saya di instagram,
video saya lebih dari 1.500 jumlahnya di channel youtube,
Slide-slide saya di slideshare.

#27 @2019.

5 thoughts on “PESTA SAINS NASIONAL IPB UNIVERSITY: “Guru Kreatif & Inovatif di Era Digital”

Leave a comment