1.203: PB PGRI – TEMU PENULIS NUSANTARA, Komitmen Menulis Blog

Sessi Saya di akhir tahun 2022 terjadi ketika memenuhi undangan sahabat saya Doktor Om Jay (Wijaya Kusumah) saat beliau mengadakan kegiatan TEMU PENULIS NUSANTARA PB PGRI di Gedung Guru Tanah Abang Jakarta Pusat 26 Desember 2022.

Saya mendapatkan kehormatan untuk sharing tentang KOMITMEN MENULIS DI BLOG, mungkin kerana saya sudah dan masih menulis blog selama 17 tahun sejak tahun 2005, kalo anda mau menyiak blog-blog saya silahkan klik disini.

Materi Saya mendorong peserta untuk produktif berinternet dan mendokumentasikan tulisan”nya di blog, yang selanjutnya jika mau diterbitkan berupa buku hanya tinggal menlakukan kompilasi dan editing hingga diterbitkan.

Di akhir sessi Saya memberikan kesempatan peserta untuk merasakan semangat menulis hanya dalam waktu yang sangat singkat, inilah hasil tulisan mereka:

π™°πšœπšœπšŠπš•πšŠπš–πšžπšŠπš•πšŠπš’πš”πšžπš–, πš πš›. πš πš‹
πš‚πšŽπš•πšŠπš–πšŠπš πšœπš’πšŠπš—πš, πšœπšŠπš•πšŠπš– πš‹πšŠπš‘πšŠπšπš’πšŠβ€¦
π™·πšŠπš›πš’ πš’πš—πš’ πšœπšŽπš—πš’πš—, 26 π™³πšŽπšœπšŽπš–πš‹πšŽπš› 2022 πš‹πšŽπš›πšœπš’πšžπš”πšžπš› πšπšŠπš™πšŠπš πš–πšŽπš—πšπš’πš”πšžπšπš’ πš”πšŽπšπš’πšŠπšπšŠπš— πšƒπšŽπš–πšž π™ΏπšŽπš—πšžπš•πš’πšœ 𝙺𝙱𝙼𝙽 𝙿𝙱 π™Ώπ™Άπšπ™Έ. π™°πšŒπšŠπš›πšŠ πš’πšŠπš—πš πš‹πšŽπš›πš’πšœπš’ πšπšŽπš—πšπšŠπš— πš‹πšŽπš›πš‹πšŠπšπš’ πš™πš›πšŠπš”πšπš’πš” πš‹πšŠπš’πš” πšπšŠπš›πš’ πš—πšŠπš›πšŠπšœπšžπš—πš‹πšŽπš› πšπšŠπš— πš™πšŽπš—πšžπš•πš’πšœ πš™πšŽπšœπšŽπš›πšπšŠ 𝙺𝙱𝙼𝙽. π™ΏπšŽπšœπšŽπš›πšπšŠ πšŠπš—πšπšžπšœπš’πšŠ πš–πšŽπš—πšπš’πš”πšžπšπš’ πš”πšŽπšπš’πšŠπšπšŠπš— πš’πš—πš’, πš’πšŠπš—πš πšπšŽπš—πšπšž πšœπšŠπš“πšŠ πšœπšŠπš—πšπšŠπš πš‹πšŽπš›πš–πšŠπš—πšπšŠπšŠπš πšπšŽπš›πšžπšπšŠπš–πšŠ πš‹πšŠπšπš’ 𝚜𝚊𝚒𝚊 πšœπšŽπš‹πšŠπšπšŠπš’ πš™πšŽπš—πšžπš•πš’πšœ πš™πšŽπš–πšžπš•πšŠ.
πš‚πšžπš—πšπšπšžπš‘ πš–πšŽπš›πšžπš™πšŠπš”πšŠπš— πš”πšŽπšπš’πšŠπšπšŠπš— πš’πšŠπš—πš πšœπšŠπš—πšπšŠπš πš‹πšŽπš›πš–πšŠπš—πšπšŠπšŠπš πšπšŠπš•πšŠπš– πš–πšŽπš—πšπš’πšœπš’ πš•πš’πš‹πšžπš›πšŠπš— πšœπšŽπš–πšŽπšπšŽπš› 1 πš’πš—πš’, πš‹πšŽπš›πšœπš’πšžπš”πšžπš› πšπšŠπš™πšŠπš πš‹πšŽπš›πšπšŽπš–πšž πšπšŠπš— πš‹πšŽπš›πšπšŠπš‹πšžπš—πš πšπšŽπš—πšπšŠπš— πš”πš˜πš–πšžπš—πš’πšπšŠπšœ πš’πš—πš’β€¦. πšƒπšŽπš›πš’πš–πšŠ πš”πšŠπšœπš’πš‘ π™Ώπ™Άπšπ™Έ
π™ΌπšŠπš“πšž πšπšŽπš›πšžπšœβ€¦
𝚁. πšπš’πšŠπš—πšŠ π™²πš‘πšŽπš—πšπš›πšŠπš”πšŠπšœπš’πš‘
πš‚π™³π™½ π™±πš˜πš“πš˜πš—πšπš”πš’πšπš‘πšŠπš›πš’πš‹
π™ΊπšŠπš‹. π™±πš˜πšπš˜πš›

Dalam kegiatan temu penulis KBMN PGRI, kelas belajar menulis Nusantara

Saya merasakan sejak mengikuti kegiatan literasi pagi materi sangat menarik dan menggugah semangat menulis saya semakin bertambah.

Dan setelah mengikuti materi dari Pak Dodi saya lebih terinspirasi dalam meningkatkan Literasi agar menambah pengetahuana dalam kosakata dan berinteraksi dengan masyarakat melalui tulisan. Dengan menulis hilangkan kata malas dan tidak ada waktu.

Karena waktu tidak akan merubah apapun kalau bukan dari diri kita sendiri untuk berubah. Membuka wawasan cakrawala guru hebat dan unggul dalam berliterasi apalagi melalui Blogger yang tersedia.

Terima kasih, para narasumber.

Kunaeni, SDN Menteng 03 Jakarta.

Alhamdulillah, syukur dan terimakasih kpd Tuhan YME, diberikan kesehatan dan kesempatan mengikuti presentasi Pak Dedi. Bersyukur tentu hal yang sangat wajar dan pantas, karena dengan ikut hadir menyimak, sy memperoleh wawasan dan yang sangat mencerahkan dan mencerdaskan. Dua hal tersebut merupakan nilai plus ikut menyimak presentasi Pak Dedi. Hatur Nuhun Kang. Salam sehat dan sukses selalu.

Rusli Razak dari Makassar.


“Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama.” Begitulah pepatah mengatakan.

Namun, agaknya pepatah tersebut kurang tepat karena manusia mati agar bisa dikenang haruslah meninggalkan karya.

Tepat pada hari Senin, 26 Desember 2022 bertempat di Gedung PB PGRI saya menghadiri kegiatan Temu Penulis Kelas Belajar Menulis Nusantara.

Kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi guru, karena bisa menambah wawasan dalam hal kepenulisan.

Pemateri yang hadir pun bukan main-main, melainkan pemateri berkaliber nasional yang sudah berpengalaman. Salah satu pemateri tersebut adalah Dr. Wijaya Kusuma, M.Pd. dan juga Dedi Dwitagama, M.M. M.Si.

Besar harapan, kegiatan ini bisa berlangsung setiap tahun agar bermunculan tunas-tunas penulis yang baru.

Bagiku menulis adalah upaya nyata untuk mengekspresikan segala bentuk yang saya rasakan saat ini. Dengan menulis saya bisa bergabung dengan komunitas kelas belajar menulis nusantara yang digagas oleh PB PGRI. Begitu senang dapat bergabung dalam kegiatan ini, bertemu dengan guru-guru dan penulis hebat se Indonesia. Narasumber hadir begitu menginspirasi tak terkecuali dengan narasumber bapak Dwdi Dwitagama. Dengan materi beliau saya kembali berselancar untuk mengenang kembali blog yang pernah saya buat 2 tahun yang lalu. Terima kasih atas ilmunya.

Afif Afandi, SDN Cakung Timur 06 Jakarta.

Bagiku menulis adalah upaya nyata untuk mengekspresikan segala bentuk yang saya rasakan saat ini. Dengan menulis saya bisa bergabung dengan komunitas kelas belajar menulis nusantara yang digagas oleh PB PGRI. Begitu senang dapat bergabung dalam kegiatan ini, bertemu dengan guru-guru dan penulis hebat se Indonesia. Narasumber hadir begitu menginspirasi tak terkecuali dengan narasumber bapak Dedi Dwitagama. Dengan materi beliau saya kembali berselancar untuk mengenang kembali blog yang pernah saya buat 2 tahun yang lalu. Terima kasih atas ilmunya

Kusnan, SPd, MHum, SMKN 7 Manado

Materi sesi ke-2 adalah Konsisten menulis di Blog,
Kegiatan diawali dengan perkenalan, tentang pak Dedi Dwitagama, melalui blog trainerkita comel.

Beberapa beberapa 4 peserta tampil untuk menyampaikan profil pak Dedi.

Slide demi slide dibahas, banyak contoh dan prestasi yang ditampilkan.

Kesimpulannya menjadi penulis di blog itu mudah asal

  1. Punya tujuan
  2. Fokus
  3. Mulai menulis
  4. Tulislah hingga selesai
  5. Ikut komunitas
  6. Perkenalkan diri anda
  7. Publish

Priyadi, SMK PGRI 20 Jakarta.

Kegiatan Temu penulis sangat bermanfaat, pertama dapat bertemu langsung dengan para penulis PGRI yang biasanya sangat akrab di sosmed,. ketika bertemu agak canggung baru kemudian menjadi akrab. Bapak pelajaran yang saya dapatkan, ttg mengabadikan tulisan,. video dll. Masih banyak lagi.

Nani Lemhannas RI

Bertemu dengan puluhan guru istimewa di acara Kopdar ini samasekali tak terbayang dalam impian saya yang terliar sekalipun. Menulis bukanlah passion utama saya, meski pernah ada satu periode di masa studi saya yang setiap hari saya selalu menulis setiap hari meski hanya satu kalimat. Kebingaran musik jauh lebih menarik bagi jiwa muda saya.
Adalah ibu Tati Bambang yg memaksa saya utk ikut di kopdar ini. Meski ini adalah pelaksanaan pertama, saya merasa sangat terkesan dengan spirit berbagi di antara semua yang hadir di sini. Semua pengetahuan & pengalaman hebat yg memperkaya seolah diobral di acara ini oleh tokoh2 yg juga hebat2. Semoga saya bisa mengikuti pelaksanaan kopdar2 berikutnya. Terima kasih kepada semua panitia dan para narasumber.

Ritmanto Saleh,
Penerjemah, jurubahasa, guru bhs Prancis, penata vokal, pelatih paduan suara, jurnalis paruh waktu.

Ini jejak saya yang ke 1.203 sejak tahun 1990, jika ingin tahu jejak-jejak yang lain silahkan lihatΒ di sini.Β Dokumentasi foto dan video kegiatan training-training dan seminar-seminar saya bisa dinikmatiΒ Β di instagram @dwitagama,Β ratusan foto-foto ada diΒ Β fanpage facebookΒ atauΒ facebookΒ saya, ada juga diΒ Blog Trainer Kita, puluhan slide saya bisa dilihat dan diunduh diΒ slideshare, penggemar podcast bisa simak celoteh sayaΒ Podcast Negeri Paman Besut di spotifyΒ dan video-video dokumentasi kegiatan saya yang hampir 6.000 subscribernya dan hampir 2.000 videonya ada diΒ channel youtube saya @dwitagama,Β adakah wajah yang anda kenal atau ada wajah anda sendiri disana?.

Leave a comment