PB PGRI: Pelatihan Menulis Batch 18 – Komitmen Menulis di Blog

Saya copy kan reportase salah satu peserta dari Blitar Jawa Timur, Bapak Haryanto, Guru SDN Turi 1 Kota Blitar di blognya.

Coba simaklah Closing statement narasumber pelatihan malam ini : “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat buat sesama, blog bisa jadi media seseorang bermanfaat dan meninggalkan jejak kebaikan selama di bumi, selamat buat yang sudah punya blog, selamat memulai buat yang baru mau .. silahkan japri saya kalo ada pertanyaan, DM di instagram juga akan saya balas … mohon maaf kalo ada yang tak berkenan“.

Itulah penggalan kalimat perpisahan pelatihan malam ini Senin, 31 Mei 2021 selama 2 jam penuh bersama Dedi Dwitagama.  Kalimatnya ringan, tapi berisi. Karena semua perkataannya sudah dibuktikan sehingga enak didengar dan dibaca. Tema malam ini tentang komitmen menulis di Blog. Satu tema yang sangat menginspirasi, baik bagi pemula yang mau memulai maupun yang sudah terjun di bidang menulis blog dan mengelola blog.

Prinsip menulis di blog harus sesuai karakter, kesukaan, style , hobby masing-masing pribadi. Kesesuaian ini akan membuat tulisan di blog menjadi enak dibaca dan tidak membosankan baik pembaca maupun pemilik blog.

Perhatikan clossing statement beliau. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat buat sesama. Maksud kalimat ini adalah berbuat baik dan bermanfaat melalui menulis di blog. Harimau  mati meninggalkan belangnya, Gajah mati meninggalkan gadingnya, kita manusia semua jika sudah tiada meninggalkan kebaikan. Jenis kebaikan yang dimaksud malam ini adalah menulis di blog. Jadi motivasi menulis di blog adalah hal paling mendasar sebelum melangkah ke hal lain. Membuat manfaat sebanyaknya kepada sesama. Lakukan dan mulailah. Maka demikianlah kata-kata blogger senior malam ini yang dengan segudang pengalamannya disamping seorang guru Matematika juga sebagai  Pendidik, Trainer, Narasumber dan Motivator Bidang pendidikan, Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, HIV AIDS, Kepemimpinan, Berbicara di muka Umum, Teknologi Informasi, Menulis Kreatif, Pendidikan Karakter dan Komunikasi /TIK. Banyak sekali deretan prestasi yang beliau raih. 

Selain sebagai blogger handal, yang mulai membangun blognya semenjak 2005, banyak prestasi akademik yang beliau capai. Seorang blogger kawakan ini sudah menghasilkan 4269 tulisan dengan viewers sebanyak 1.949.208. Bayangkan jika semua itu tulisan bermutu dan selalu dicari orang berapa banyak manfaat yang didapat.

Bagaimana membangun blog sukses seperti itu ? Nah itu dia masalahnya, tidak semua paham  akan blog, tidak semua mempunyai hobby menulis dan yang menulis pun tidak semua bidang bisa dikuasai. Karenanya sesuai proporsi masing-masing pribadilah yang tahu dari mana memulai semuanya.

Malam ini pembahasan tidak dibahas runtut sesuai urutan tertentu tetapi dengan mengundang pertanyaan dan langsung dijawab. Banyak hal yang bisa diambil hikmah dari sesi tanya jawab ini. Antara lain :

1.     Pentingnya menghias blog agar menarik pembaca, dengan cara ATM atau kunjungan ke blog teman. Jelas banyak manfaatnya.

2.     Isilah blog dengan tulisan secara rutin, istilahnya rawatlah blog dengan tulisan. Kiatnya sajikan tulisan dengan gambar atau video menarik.

3.     Rancanglah tulisan itu dalam bentuk “tabungan artikel” sebagai bukti komitmen kita menulis setiap hari. Lalu beliau menunjukkan contoh 24 artikel simpanan yang siap tayang dalam bentuk arsip.

4.     Sejak memulai membuat blog tahun 2005, kini dengan lebih memilih jenis wordpress yang jumlahnya puluhan bisa dikelola dengan baik. Bisa merawat dengan baik. Bagaimana bisa terjadi…..ini triknya. Jangan mikirin mutu tulisan, tulis aja apa yg mau anda tulis. Tak perlu di edit, langsung aja posting jika ada perbaikan baru edit.  Balas komentar yang bagus, komentar yang jelek bisa diedit atau buang saja. (eitt ini contoh profesional……kalau yang pemula ya tetap saja harus edit .., catatan pen)

5.     Tips nya lagi agar bisa bertahan menulis blog “Maaaaaaf, seperti pipis dan pup … kerjakan, nikmati dan lupakan … kalau kemudian diundang jadi pembicara itu bonus, kerjakan dengan baik, dokumentasikan dan lupakan, kerjakan yg laen untuk memberi manfaat pada semesta, happy deh.” Simple ya……iyalah sudah top markotob. Kelihatannya….tapi jujur lihat juga prosesnya. Sudah siap menulis setiap waktu, misal sambil menunggu rapat, habis absensi, pulang kantor, sedang mancing (eh maksudnya sambil foto) ……tulis…tulis…dan tulislah.

6.     Blog bisa jadi warisan yang mengaplikasikan peribahasa HARIMAU MATI MENINGGALKAN BELANG, GAJAH MATI MENINGGALKAN GADING … guru meninggal meninggalkan blog yang terus dibaca orang dan pahalanya terus mengalir mengantar pemiliknya ke surga … setelah didunia mengantar pemiliknya keliling Indo dan dunia … alhamdulillah. Ya dengan blognya beliau berhasil keliling negeri ini termasuk ke beberapa negara luar.

7.     Mengatasi masalah mata sakit atau pening kepala jika banyak di depan HP dan Latop……sebagai trainer, sekaligus motivator jawabannya sangat komplit. Minta tolong keluarga,  kawan dll untuk membacakan atau menuliskan atau mefotokan untuk dimuat di blog…..atau unduh aplikasi bicara yang bisa menulis di blog. Jadi tidak perlu ketik, copy upload blog.

Demikianlah kiranya beberapa point yang bisa dipetik sebagai pelajaran malam ini. SEMOGA BERMANFAAT. Aamiin.

Blitar, 31 Mei 2021

By. Hariyanto

Salam Literasi

Resume Ke-20

Tema              : Komitmen Menulis di Blog

Narasumber : Dedi Dwitagama

Disampaikan: Senin 31 Mei 2021.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s