Posted in BNN RI, NARA SUMBER PENDIDIKAN, narasumber narkoba, Uncategorized

BNN RI: SEMINAR KETAHANAN DIRI “Mengembangkan Ketahanan Diri Masyarakat Terhadap Pengaruh Penyalahgunaan Narkoba”

DEDI DWITAGAMA BNN RI 10DEDI DWITAGAMA BNN RI 9DEDI DWITAGAMA BNN RI 8DEDI DWITAGAMA BNN RI 7DEDI DWITAGAMA BNN RI 6DEDI DWITAGAMA BNN RI 5DEDI DWITAGAMA BNN RI 4DEDI DWITAGAMA BNN RI 3DEDI DWITAGAMA BNN RI 2DEDI DWITAGAMA BNN RI 1

A. PENDAHULUAN
Data riset menunjukan bahwa pada tahun 2014 diperkirakan terdapat sekitar 4 juta orang lebih atau sekitar 2,18% dari total seluruh penduduk Indonesia berusia 10-59 tahun yang menjadi penyalahguna narkoba. Penyalah guna narkoba terbesar berasal dari kelompok pekerja karena memiliki kemampuan finansial serta tekanan kerja dan tingkat stress yang tinggi. Sementara itu, dari keseluruhan kategori penyalah guna narkoba, kelompok penyalah guna coba pakai merupakan proporsi terbesar, terutama dari kelompok pelajar dan mahasiswa.
Fenomena penyalahgunaan narkoba coba pakai dari kalangan pelajar dan mahasiswa yang sangat besar dari keseluruhan penyalahguna narkoba menunjukan bahwa kalangan pelajar dan mahasiswa merupakan kelompok yang sangat rentan menjadi sasaran awal peredaran narkoba. Mereka yang menyalahgunakan narkoba dapat diindikasikan sebagai pribadi yang belum memiliki kematangan secara psikologis dan tidak mampu menghadapi atau merespon berbagai tantangan dan problematika kehidupan secara tepat atau dalam kajian psikologi mereka tidak memiliki kemampuan ketahanan diri yang cukup sehingga mudah terperdaya pengaruh penyalahgunaan narkoba.

Dalam kajian psikologi, resiliensi merupakan konstruk yang cukup menggambarkan apa yang dimaksud dengan ketahanan diri. Ketahanan diri atau resiliensi merupakan kajian yang fokus pada faktor-faktor risiko (risk factors), faktor-faktor kerentanan (vulnerabilty factors) dan faktor-faktor protektif (protective factors) yang mempengaruhi dan membantu individu mengembangkan kompetensi (competence) untuk dapat merespons lingkungan secara adaptif sehingga dapat berkembang dan menjadi dewasa (Gordon, 1995). Dalam pencegahan penyalahgunaan Narkoba, banyak riset yang menggunakan konsepsi ketahanan diri atau resiliensi dan konsep-konsep utama terkait sebagai kerangka untuk memahami permasalahan penyalahgunaan narkoba (Braverman, 2001). Mengingat begitu pentingnya aspek kemampuan ketahanan diri pada setiap individu sebagai faktor protektif dari pengaruh penyalahgunaan narkoba, maka BNN memandang perlu mengembangkan sistem pencegahan penyalahgunaan narkoba yang berorientasi pada penguatan kemampuan ketahanan diri masyarakat terhadap pengaruh penyalahgunaan Narkoba melalui berbagai model intervensi yang tepat.

B. MAKSUD DAN TUJUAN
Seminar Ketahanan Diri ini dimaksudkan untuk mendiskusikan berbagai faktor yang mempengaruhi kondisi ketahanan diri masyarakat khususnya terhadap pengaruh penyalahgunaan narkoba di tengah kecepatan arus informasi dan teknologi sekaligus model-model pendekatan intervensi yang dapat dilakukan BNN dalam melaksanakan tugas dan fungsi pencegahan penyalahgunan narkoba.
Adapun tujuan seminar ketahanan diri adalah adanya rekomendasi terkait model-model pendekatan alternatif atau best practice yang dapat digunakan referensi BNN dalam mengembangkan kebijakan-kebijakan teknis pencegahan penyalahgunaan narkoba.

C. BENTUK
Seminar ketahanan diri dilaksanakan dalam bentuk diskusi interaktif tentang ketahanan diri terhadap penyalahgunaan Narkoba dengan pelibatan para ahli dan praktisi serta para pemangku kebijakan terkait masalah pencegahan penyalahgunaan narkoba. Pada kesempatan ini, seminar berbentuk panel diskusi yang dimulai dengan presentasi dari beberapa narasumber.

D. WAKTU DAN TEMPAT
Seminar akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal : Kamis 20 Desember 2018.
Pukul : 08.00 WIB s.d Selesai
Tempat : Hotel Kartika Chandra Jakarta
Jl. Gatot Subroto Jakarta Selatan

E. MATERI DAN PEMATERI
1. Lingkungan Sekolah yang Ramah Bagi Perkembangan Kepribadian Generasi Millenia
Oleh: Dedi Dwitagama (Praktisi Pendidikan)
2. Pola Pengasuhan Keluarga Dalam Pembentukan Generasi Berketahanan Diri
Oleh: Melly Kiong (Praktisi Parenting)
3. Model Pembentukan Karakter Generasi Z
Oleh: Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si (Psikolog Anak)
4. Potret Kondisi Ketahanan Diri Remaja Terhadap Pengaruh Penyalahgunaan Narkoba
Oleh: Dr. Yunita Faela Nisa, M.Psi (Peneliti)

F. PESERTA
Peserta seminar bersifat terbatas yakni 100 orang yang berasal dari kalangan pegawai BNN, akademisi, peneliti, praktisi, dan aktivis organisasi masyarakat.

G. PENUTUP
Demikian Term Of Reference Seminar Ketahanan Diri ini disusun sebagai gambaran pelaksanaan kegiatan dimaksud.

Jadwal Acara
Seminar Ketahanan Diri
“Mengembangkan Ketahanan Diri Masyarakat
Terhadap Pengaruh Penyalahgunaan Narkoba”

NO WAKTU AGENDA PELAKSANA
Kamis, 20 Desember 2018
1. 08:00−09:00 Registrasi Panitia
2. 09.00- 09.30 Pembukaan
Deputi Bidang Pencegahan BNN Drs. Ali Djohardi, S.H., M.H.
3. 09:30−12:30 Diskusi Panel Ketahanan Diri Anti Narkoba
Tema:
“Mengembangkan Ketahanan Diri Masyarakat Terhadap Pengaruh Penyalahgunaan Narkoba”.
1. Potret Kondisi Ketahanan Diri Remaja Terhadap Pengaruh Penyalahgunaan Narkoba
Oleh: Dr. Yunita Faela Nisa, M.Psi (Peneliti)
2. Model Pembentukan Karakter Generasi Z
Oleh: Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si (Psikolog Anak)
3. Pola Pengasuhan Keluarga Dalam Pembentukan Generasi Berketahanan Diri
Oleh: Melly Kiong (Praktisi Parenting)
4. Lingkungan Sekolah yang Ramah Bagi Perkembangan Kepribadian Generasi Millenia
Oleh: Dedi Dwitagama (Praktisi Pendidikan) Moderator
4. 12:30−13:00 Kesimpulan dan Penutup Panitia.

Nikmati ribuan foto-foto training saya disana, delapan ribu lebih foto saya lainnya di instagram, video saya hampir 1.500 jumlahnya bisa dinikmati di channel youtube saya,perlu download slide-slide Saya silahkan klik di slide share.

#27 @2018.

Advertisements

Author:

Pendidik yang bermimpi makin banyak anak negeri berani berkompetisi, silahkan mampir ke; https://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com dan http://dedidwitagama.wordpress.com

One thought on “BNN RI: SEMINAR KETAHANAN DIRI “Mengembangkan Ketahanan Diri Masyarakat Terhadap Pengaruh Penyalahgunaan Narkoba”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s