Posted in motivasi, motivator, NARA SUMBER PENDIDIKAN, narasumberpendidkan, trainerICT

PUSTEKKOM KEMENDIKBUD RI: Membangun Ekosistem TIK di Sekolah 3T

Bertemu dengan teman-teman guru dari daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di Indonesia yang berasal dari Aceh hingga Papua membuat jadi terasa lebih muda dan lebih semangat karena mereka merespon sessi saya dengan bergairah walau lelah jauh perjalanan.

Saya sharing tentang proses membentuk ekosistem berbasis TIK di sekolah, kegiatan diadakan oleh PUSTEKKOM KEMENDIKBUD RI di Hotel Grand Boutique Jakarta 281118. Sebagai bentuk dukungan Pemerintah RI memberi bantuan akses VSAT kepada sekolah-sekolah 3T, semoga bermanfaat.

Nikmati ribuan foto-foto training saya disana, delapan ribu lebih foto saya lainnya di instagram, video saya ada lebih dari 1.440 bisa dinikmati di channel youtube saya, perlu download slide-slide Saya silahkan klik di slide share.

#25 @2018.

Tentang rincian lengkap kegiatan tersebut bisa disimak di bawah ini:

Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan TIK untuk Sekolah Garis Depan (3T)

Golden Boutique Hotel

27 s.d 30 November 2018

PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

2018

  1. Latar Belakang

Pemerintah memegang peranan penting dalam peningkatan akses, kualitas, dan relevansi pendidikan, terutama dalam penyediaan sarana dan prasarana sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Selain itu, pemerintah juga harus menjamin ketersediaan pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional di seluruh jenjang satuan pendidikan, serta mengurangi kesenjangan akses dan kualitas antar propinsi, kabupaten, dan kota serta antar daerah 3T terdepan, terluar, dan tertinggal.

 

Kondisi saat ini jumlah sekolah di Indonesia adalah 216.326 sekolah dengan peserta didik 45.283.752 dan Guru 3.370.048, namun masih ada 38.000 sekolah (17,59%) sekolah yang tidak memiliki akses internet. Dalam rangka meningkatkan pemerataan akses pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) telah mengembangkan program Jaringan Pendidikan Nasional (Jardiknas) dan sekolah Garis Depan melalui program Universal Service Obligation (USO) bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memberikan bantuan koneksi internet VSAT khusus untuk sekolah di daerah 3T. Program USO telah diimplementasikan pada 1.474 sekolah (per Maret 2018) dan masih berlangsung proses aktivasi di sekolah-sekolah yang telah diusulkan oleh Pustekkom.

 

Sesuai dengan kesepakatan kerjasama antara Kemendikbud dan Kemkominfo, Kemendikbud mempunyai kewajiban melaksanakan pelatihan SDM serta monitoring dan evaluasi pemanfaatan di sekolah, sedangkan Kemkominfo bertanggungjawab dalam penyediaan layanan koneksi internet. Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlu diadakan peningkatan kompetensi TIK untuk guru teknisi/pengelola TIK sekolah.

 

  1. Tujuan

Peningkatan kompetensi pemanfaatan TIK untuk Sekolah Garis Depan (3T) bertujuan untuk:

  1. meningkatkan kemampuan guru/pengelola TIK dalam memanfaatkan layanan jaringan internet USO untuk pembelajaran; dan
  2. meningkatkan kemampuan guru/pengelola TIK Sekolah dalam mengelola jaringan internet USO.
  3. Hasil yang diharapkan

Hasil yang diharapkan dari kegiatan peningkatan kompetensi pemanfaatan TIK untuk Sekolah Garis Depan (3T) adalah sebagai berikut:

  1. meningkatnya kemampuan guru/pengelola TIK sekolah dalam memanfaatkan layanan jaringan internet USO untuk pembelajaran; dan
  2. meningkatnya kemampuan guru/pengelola TIK sekolah dalam mengelola jaringan internet USO.

 

  1. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Peningkatan kompetensi TIK guru untuk Sekolah Garis Depan (3T) dilaksanakan pada tanggal 27 s.d 30 November 2018 di , Golden Boutique Hotel, Jl. Angkasa No. 1, RT 007/RW 05. Gn. Sahari Utara, Sawah Besar. Kota Jakarta Pusat – DKI Jakarta.

 

  1. Narasumber dan Fasilitator

Narasumber:

  1. Kepala Pustekkom Kemendikbud
  2. Direktur Utama BAKTI Kemkominfo
  3. Kepala Bidang Pengembangan Jejaring
  4. Kepala Subbid Pengkajian dan Perancangan Jejaring
  5. Kepala Subbid Pengembangan dan Pemeliharaan Jejaring
  6. Dedi Dwitagama (SMKN 50 Jakarta)

 

Fasilitator:

  1. Hendra Suprayogi
  2. Andri Rinaldi
  3. Dwi Adi Basuki
  4. Sutriyo Hutomo

 

  1. Strategi Pelaksanaan

Hari Pertama

  1. Pengarahan sekaligus pembukaan dari Kepala Pustekkom tentang “Pengembangan Pendidikan di kawasan Garis Depan”
  2. Sesi ramah tamah dan sharing Pengalaman Teknisi/pengelola TIK pada Sekolah USO dalam pemanfaatan jaringan internet USO untuk pendidikan.

 

Hari Kedua

  1. Pre Tes
  2. Sesi panel:
  • Kebijakan Pemanfaatan Internet USO untuk Sekolah
  • Implementasi dan Evaluasi Program USO untuk Sekolah Tahun 2018
  1. Membangun Ekosistem TIK Sekolah
  2. Pengelolaan Infrastruktur TIK Sekolah

Materi yang disampaikan Jaringan Dasar (LAN & WLAN) dan Trouble Shooting jaringan

 

Hari Ketiga

  1. Pengelolaan dan Pemanfaatkan TIK untuk Administrasi

Materi yang disampaikan tentang prosedur instalasi dan pengelolaan aplikasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

  1. Pengelolaan dan Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran

Materi yang disampaikan tentang pemanfaatan Rumah Belajar dan layanan TIK untuk pembelajaran yang dikembangkan oleh Pustekkom

  1. Sesi Diskusi Implementasi Pemanfaatan dan Pengelolaan Program Akses Internet USO di Sekolah.

Hari Keempat

  1. Post test dan evaluasi
  2. Penutupan dan penyelesaian administrasi

 

  1. Materi

Materi yang akan disampaikan dalam peningkatan pemanfaatan TIK untuk Sekolah Garis Depan (SGD) dalam bentuk teori dan praktek dengan perbandingan teori 39% dan praktek 61%. Adapun rincian materi dan alokasi waktu dapat dilihat sebagai berikut:

NO. MATERI JAM LATIHAN
TEORI PRAKTEK
1. Pengembangan Pendidikan di Kawasan Garis Depan atau Daerah 3T 2
2. Kebijakan Pemanfaatan Internet USO untuk Sekolah 2
3. Implementasi dan Evaluasi Program USO untuk Sekolah Tahun 2017 2
4. Membangun Ekosistem TIK di Sekolah 2
5. Pengelolaan dan Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran :

§  Pemanfaatan Rumah Belajar & TVE

§  Layanan TIK 3 Balai Pustekkom

2 6
6. Pengelolaan Infrastruktur TIK Sekolah:

§  Jaringan Dasar (LAN & WLAN)

§  Trouble Shooting jaringan

2 6
7. Pengelolaan UNBK

§  SOP

§  Konfigurasi jaringan

§  Instalasi Server

§  Trouble shooting

2 6
8. Diskusi Implementasi Pemanfaatan dan Pengelolaan Program Akses Internet USO di Sekolah. 4
JUMLAH JAM 14 22
TOTAL JAM 36 Jam

 

  1. Peserta

Peserta terdiri dari 26 guru/pengelola TIK dari Sekolah Penerima Bantuan USO dan 2 staf Bidang Pengembangan Jejaring Pustekkom. Berikut daftar sekolah peserta:

 

No Nama Sekolah Kabupaten Provinsi
1 SMK Negeri 4 Meulaboh Aceh Barat Aceh
2 SMA Negeri 3 Darul Makmur Nagan Raya Aceh
3 SMA Negeri 1 Cibadak Lebak Banten
4 SMA Negeri 1 Kalanganyar Lebak Banten
5 SMP Negeri 6 Gunung Kencana Lebak Banten
6 SMA Negeri 01 Topos Lebong Bengkulu
7 SMA Negeri 1 Kokop Bangkalan Jawa Timur
8 SMA Negeri 2 Donggo Bima Nusa Tenggara Barat
9 SMK Negeri 3 Bima Bima Nusa Tenggara Barat
10 SMK Negeri 4 Bima Bima Nusa Tenggara Barat
11 SMA Negeri Labuapi Lombok Barat Nusa Tenggara Barat
12 SMA Negeri Masbagik Lombok Timur Nusa Tenggara Barat
13 SMK Negeri 1 Aimere Kab. Ngada Nusa Tenggara Timur
14 SMA Negeri Benlutu Kab. Timor Tengah Selatan Nusa Tenggara Timur
15 SMA Negeri 1 Borong Manggarai Timur Nusa Tenggara Timur
16 SMA Negeri 2 Poco Ranaka Manggarai Timur Nusa Tenggara Timur
17 SMK Negeri 1 Amarasi Selatan Kupang Nusa Tenggara Timur
18 SMK Negeri 1 Keerom Keerom Papua
19 SMP Negeri 1 Kpudori Supiori Papua
20 SMA Negeri 1 Bintuni Teluk Bintuni Papua Barat
21 SMP Negeri 2 Bintuni Teluk Bintuni Papua Barat
22 SMP Negeri 1 Bintuni Teluk Bintuni Papua Barat
23 SMP Negeri 1 Sumarorong Mamasa Sulawesi Barat
24 SMA Negeri 1 Sesean/
SMA Negeri 3 Toraja Utara
Toraja Utara Sulawesi Selatan
25 SMK Negeri 1 Mesuji Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan
26 SMK Negeri 1 Hiliserangkai Nias Sumatera Utara

 

Adapun 2 (dua) orang staf Pustekkom sebagai berikut:

No. Nama Bidang Instansi
1 MGS Fisika Fikri Pengembangan Jejaring Pustekkom
2 Permenas Wonggor Pengembangan Jejaring Pustekkom

 

  1. Panitia

Penanggung Jawab Kegiatan   : Kepala Bidang Pengembangan Jejaring

Penanggungjawab Teknis        : Kasubbid Pengkajian dan Perancangan Jejaring

Ketua                                            : Agus Ali Sriwartono

Sekretariat                                  : Siti Nurma

Kordinator Materi & Persidangan  : Diah Wulandari

Keuangan                                    : 1. Dodi Kurniawan

  1. Yuli Nurkhayati
  2. Yanuar Mauliani

 

  1. Biaya

Seluruh biaya yang digunakan untuk kegiatan Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan TIK untuk Sekolah Garis Depan (3T) bersumber dari DIPA Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan tahun anggaran 2018.

 

  1. Jadwal Kegiatan
Waktu
Acara/Topik
Penyaji/Narasumber
Hari ke-1#Selasa, 27 November 2018
16.00 – 19.00
Registrasi peserta
Panitia
19.00 – 20.00
Pembukaan:
§  Menyanyikan Lagu Indonesia Raya 3 stanza

§  Doa

§  Laporan

§  Pengarahan dan Pembukaan

MC:

Dirigent:

 

Perwakilan Peserta

Kabid PJ

Kepala Pustekkom

20.00 – 22.00
Pengembangan Pendidikan di Kawasan Garis Depan atau Daerah 3T
Kepala Pustekkom

Moderator: Kabid PJ

Notulis : Siti Nurma

 

22.00 – selesai
Rehat dan Ramah Tamah
Hari Ke-2#Rabu, 28 November 2018
08.00 – 09.00
Pre Test Panitia
09.00 – 10.30
Panel :

1.  Kebijakan Pemanfaatan Internet USO untuk Sekolah

2.  Implementasi dan Evaluasi Program USO untuk Sekolah Tahun 2018

Narasumber:

1.  Kepala Bidang PJ Kemendikbud

2.  BAKTI Kemkominfo

Moderator: Aries SN

Notulen: Diah Wulandari

10.30 – 10.45
Rehat Kopi
10.45 – 12.15
Membangun Ekosistem TIK di Sekolah Narasumber: Dedi Dwitagama

Moderator: Agus Ali S

Notulen: MGS Fikri

12.15 – 13.30
ISHOMA
13.30 – 15.00
Pengelolaan dan Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran (Hasan + Aries) –       M.Hasan Chabibie

–       Aries Setio Nugroho

15.00 – 15.15
Rehat Kopi
15.15 – 17.30
Pengelolaan Infrastruktur TIK Sekolah:

§  Jaringan Dasar (LAN & WLAN)

§  Trouble Shooting jaringan Dasar

Fasilitator :

–       Hendra Suprayogi

–       Andri Rinaldi

 

17.30 – 19.00
ISHOMA
19.00 – 22.00
Pengelolaan Infrastruktur TIK Sekolah (Lanjutan)
22.00– selesai
Rehat Kopi
Hari Ke-3#Kamis, 29 November 2018
08.00 – 10.00
Pengelolaan UNBK

§  SOP

§  Konfigurasi jaringan

§  Instalasi Server

§  Trouble shooting

–       Sutriyo Hutomo

–       Dwi Adi Basuki

10.00 – 10.15
Rehat Kopi
10.15 – 11.45
Pengelolaan UNBK (Lanjutan)
11.45 – 14.00
ISHOMA
14.00 – 15.30
Pengelolaan UNBK (Lanjutan)
15.30 – 15.45
Rehat Kopi
15.45 – 17.30
Pengelolaan UNBK (Lanjutan)
17.30 – 20.00
ISHOMA
20.00 – 22.00
Diskusi Implementasi Pemanfaatan dan Pengelolaan Program Akses Internet USO di Sekolah. M. Hasan Chabibie

Notulis : Diah W

22.00– selesai
Rehat Kopi
Hari Ke-4#Jum’at, 30 November 2018
08.00 – 10.00
Post Test dan Evaluasi Panitia
10.00 – 10.15
Rehat Kopi
10.15 – 11.15

 

Penutupan dan Penyelesaian Administrasi
12.15
Makan Siang

 

 

 

TATA TERTIB

Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan TIK untuk

Sekolah Garis Depan (3T)

 

  1. UMUM
  1. Pada hari pertama peserta menghubungi/lapor kepada panitia dengan menunjukkan surat undangan/surat tugas, menyerahkan SPPD, tiket, invoice dan boarding pass kepada panitia.
  2. Selama kegiatan peserta berpakaian bebas, sopan, dan rapi.
  3. Peserta wajib mengikuti kegiatan Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan TIK untuk SGD sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
  4. Setiap hari peserta mengisi daftar hadir yang telah disediakan panitia.
  5. Setiap peserta wajib mentaati dan melaksanakan tugas yang diberikan oleh pembicara, narasumber dan fasilitator, dan panitia.
  6. Peserta, baik secara individu maupun kelompok diharuskan berpartisipasi secara aktif.
  7. Selama kegiatan peserta dan panitia wajib menjaga kebersihan dan ketertiban, baik di dalam maupun di lingkungan hotel.
  8. Peserta dan panitia tidak diperkenankan meninggalkan kegiatan tanpa seijin tertulis dari ketua panitia

 

  1. KHUSUS
  1. Persidangan
  1. Peserta diharuskan hadir di ruang sidang sepuluh menit sebelum acara dimulai.
  2. Setiap peserta mempunyai hak bicara dan hak suara yang sama.
  3. Peserta yang akan mengajukan tanggapan/pertanyaan harus dilakukan secara sopan.
  4. Selama mengikuti kegiatan peserta diwajibkan memakai tanda pengenal.
  5. Peserta yang akan meninggalkan ruang sidang harus meminta ijin pada pemimpin sidang.

 

  1. Akomodasi dan Konsumsi
  1. Penetapan kamar peserta diatur oleh panitia.
  2. Jadwal waktu makan dan kudapan disesuaikan dengan jadwal kegiatan.
  3. Biaya di luar tanggungjawab panitia di antaranya:
  • Telepon lokal dan interlokal,
  • Cuci pakaian,
  • Tambahan makan dan minum serta minibar,
  • Properti hotel.
  1. Apabila selama kegiatan berlangsung, peserta memerlukan pertolongan dokter dapat menghubungi panitia.
Advertisements

Author:

Pendidik yang bermimpi makin banyak anak negeri berani berkompetisi, silahkan mampir ke; https://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com dan http://dedidwitagama.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s