Posted in BK, motivasi, motivator, motivator pendidikan

PIK – KRR Remaja Kawat SMKN 50 Jakarta: Motivasi Berorganisasi

Screen Shot 2018-05-02 at 9.24.01 AM

Berorganisasi bisa melatih mental dan karakter seseorang sehingga memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan mampu memimpin organisasi di sekolah, dunia kerja dan masyarakat.

PIK REMAJA KAWAT SMKN 50 JAKARTA adalah salah satu kegiatan Ekstra Kurikuler di SMKN 50 Jakarta suatu wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga. Ekskul PIK Remaja pernah menjadi Juara tingkat Nasional dan menjadi model atau rujukan kegiatan sejenis di Indonesia.

Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak ke masa dewasa. Kehidupan remaja merupakan kehidupan yang sangat menentukan bagi kehidupan masa depan mereka selanjutnya. Masa remaja seperti ini oleh Bank Dunia disebut sebagai masa transisi kehidupan remaja. Transisi kehidupan remaja oleh Bank Dunia dibagi menjadi 5 hal (Youth Five Life Transitions).

Transisi kehidupan yang dimaksud menurut Progress Report World Bank adalah:
Melanjutkan sekolah (continue learning)
Mencari pekerjaan (start working)
Memulai kehidupan berkeluarga (form families)
Menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship)
Mempraktekkan hidup sehat (practice healthy life).

Program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dilaksanakan berkaitan dengan bidang kehidupan yang kelima dari transisi kehidupan remaja dimaksud, yakni mempraktekkan hidup secara sehat (practice healthy life). Empat bidang kehidupan lainnya yang akan dimasuki oleh remaja sangat ditentukan oleh berhasil tidaknya remaja mempraktekkan kehidupan yang sehat. Dengan kata lain apabila remaja gagal berperilaku sehat, kemungkinan besar remaja yang bersangkutan akan gagal pada empat bidang kehidupan yang lain.

Kegiatan pelatihan dan pembentukan pengurus baru PIK SMKN 50 Jakarta berlangsung di Aula atas kantin SMKN 50 Jakarta Sabtu 21 April 2018.

Nikmati ribuan foto-foto training saya disana, ribuan foto saya lainnya di instagram, video saya ada lebih dari 1.230 bisa dinikmati di channel youtube sayaperlu download slide-slide Saya silahkan klik di slide share.

#07 @2018.

Advertisements

Author:

Pendidik yang bermimpi makin banyak anak negeri berani berkompetisi, silahkan mampir ke; https://trainerkita.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com dan http://dedidwitagama.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s