Uncategorized

PGRI SUMATERA SELATAN: Seminar Nasional Pendidikan Hari Guru ke-71

Hampir semua guru di Palembang memiliki telepon genggam android, jika 800 guru yang hadir di seminar itu memproduksi satu cerita dengan foto kegiatan profesionalnya setiap bulan maka akan bertebaran informasi PGRI Sumatera Selatan sejumlah 800 x 12 = 9.600 kabar baik dari Palembang.

Andai setiap guru melibatkan 100 murid memproduksi kabar-kabar baik atau cerita seputar profesi guru sebulan sekali, maka akan bertebaran di jagat raya sejumlah 800 x 100 x 12 = 960.000 kabar baik atau info pendidikan PGRI Sumatera Selatan, hal ini akan dikenang sebagai salah satu bentuk produktifitas guru yang bisa dikenang sepanjang masa.

Demikian salah satu inti sessi seminar saya pada kegiatan.Seminar Nasional PGRI Sumatera Selatan di Ballrooom Hotel.Aryaduta Palembang 7 Desember 2016, semoga bermanfaat.

Dengan PLT Ketua Umum PB PGRI DR. Unifah

Nikmati ribuan foto-foto training saya disana, ribuan foto saya lainnya di instagram, video saya di Youtube ada lebih dari seribu bisa dinikmati disini.

Di bawah ini Saya arsipkan proposal kegiatan yang dikirim panitia.

PERINGATAN HUT PGRI KE-71
DAN HARI GURU NASIONAL (HGN) TAHUN 2016
PGRI PROVINSI SUMATERA SELATAN

I. PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG
Tanggal 25 November 1945 silam, seratus hari setelah Indonesia merdeka di Surakarta, Jawa Tengah, puluhan organisasi guru berkongres, bersepakat berhimpun dan membentuk satu-satu nya wadah organisasi guru dengan nama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sejak lahir, PGRI yang bersifat Unitaristik, Independen dan non politik praktis adalah organisasi profesi, berjuangan dan ketenagakerjaan yang selalu berupaya mewujudkan guru yang professional, sejahtera dan bermartabat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Guru merupakan salah satu komponen yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk mencapai tujuan nasional mencerdaskan bangsa. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pembela tanah air dan Pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Dedikasi, tekad, dan semangat persatuan dan kesatuan para guru yang dimiliki secara historis tersebut perlu dipupuk, dipelihara dan dikembangkan sejalan dengan tekad dan semangat era global untuk masa depan bangsa.
Pada tanggal 25 November 2016 PGRI genap berusia 71 tahun, usia yang cukup matang dan dewasa bagi sebuah organisasi. Selama kurun waktu tersebut, banyak pengabdian yang telah dilaksanakan, banyak perjuangan yang telah dikerjakan, banyak kegiatan perlindungan terhadap anggota yang telah diberikan. Disamping itu, telah juga banyak peristiwa, persoalan, tantangan dan kendala yang telah dihadapinya.
Di moment yang istimewa ini marilah sejenak kita merenungkan kiprah guru dalam sejarah panjang berdirinya bangsa tercinta ini. Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November bertepatan dengan hari Ulang Tahun PGRI. Pilihan ini sebagai penghargaan Pemerintah Republik Indonesia kepada para guru, berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 78 tahun 1994.
Terkait dengan hal tersebut diatas maka PGRI Sumatera Selatan akan menggelar Seminar Nasional Peringatan HUT PGRI yang ke-71 dan Hari Guru Nasional dengan mengusung tema “ MEMBANGKITKAN KESADARAN KOLEKTIF GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN”
Besar harapan kita hasil Seminar Nasional tersebut dapat mewakili kepedulian, pemahaman, dan apresiasi yang disajikan oleh PGRI Sumatera Selatan demi kelangsungan peran vital guru, yaitu mengajarkan ilmu pengetahuan yang bermutu demi membangun generasi penerus, serta sebagai bentuk dukungan langsung kepada profesi guru. Sekaligus ikut pula meyakinkan dan mengokohkan bahwa generasi pendidik dimasa depan sangat ditentukan oleh sosok guru.
2. PERMASALAHAN SEMINAR
Permasalahan mendasar pada kegiatan Seminar Nasional ini adalah berazas pada pertanyaan: masih banyaknya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang belum memiliki kesadaran kolektif dalam menjalankan profesinya sebagai seorang guru di abad 21, jawaban pertanyaan sentral ini akan didapatkan melalui rumusan-rumusan kesimpulan dari hasil Seminar Nasional ini.
3. TUJUAN
Tujuan diselenggrakannya Seminar Nasional ini adalah:
a. Meningkatkan kesadaran dan komitmen budaya mutu dikalangan guru dan pemangku kepentingan dalam mencerdasakan kehidupan bangsa akan pentingnya pendidikan yang berkualitas.
b. Meneladani semangat dan dedikasi guru sebagai pendidik professional dan bermartabat bagi semua anak bangsa dalam peningkatan sumber daya manusia yang bermutu.
c. Mendorong kepedulian pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru dalam membangun pendidikan karakter bangsa yang cerdas, kompetitif dan bermartabat.
4. MANFAAT
Kegiatan Seminar Nasional ini diharapkan dapat memberikan sumbangan positif bagi kemajuan pendidikan di sumatera selatan, melalui penguatan peran dan mutu guru dalam menjalani profesinya sebagai seorang guru yang professional.

5. BENTUK,WAKTU,DAN TEMPAT KEGIATAN
Bentuk kegiatan adalah Seminar Nasional dengan tema ” MEMBANGKITKAN KESADARAN KOLEKTIF GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN”. Kegiatan Seminar Nasional ini berlangsung selama satu hari yakni pada hari Rabu Tanggal 7 Desember 2016 yang dipusat kan di Ballroom Hotel Aryaduta, Jalan POM IX Palembang Square, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30961.
6. PESERTA
Peserta sejumlah 800 orang yang terdiri dari :
1. Guru
2. Kepala Sekolah
3. Pengawas Sekolah
4. Pemerhati Pendidikan

7. NARA SUMBER
Narasumber Seminar Nasional dengan tema “” MEMBANGKITKAN KESADARAN KOLEKTIF GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN” berasal dari :
1. Ketua Umum PB PGRI, Dr. Unifah Rosyidi,M.Pd, dengan materi: Penerapan Kode Etik Guru dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan
2. Ketua Umum Dewan Kehormatan Guru Indonesia, Dengan Materi:
3. Motivator Pendidikan Indonesia, Bpk. Dedi Dwitagama dengan Materi : “Ayo Jadi Guru yang menginspirasi, menggerakandan meladani”. Sub tema: “Membangun Budaya Literasi dikalangan Guru”.
4. Kapolresta Palembang dengan materi: mekanisme penanganan perkara dan pengamanan terhadap profesi guru.
Moderator : Drs.Maqdad Hatim,M.Hum
8. MATERI
Bahan materi yang akan disampaikan dalam Seminar Nasional ini mengacu kepada tema umum seminar ” MEMBANGKITKAN KESADARAN KOLEKTIF GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN”
9. DANA KEGIATAN
Dana Kegiatan Seminar Nasional ini membutuhkan dana sebesar
Rp. 180.000.000.00,- yang akan diperoleh melalui :
1. Dana awal panitia,
2. Kontribusi peserta,
3. Donatur yang tidak mengikat,
4. Bantuan Universitas PGRI Palembang.
10. SUSUNAN KEPANITIAAN

1. Pembina : H. Ahmad Zulinto, S.Pd. M.M.
2. Penasihat : 1. Dr. H. Dwi Priyono, M.Ed
2. Merki Bakri, S.Pd. M.M
3. Drs. Room SM.HK
4. Dr. Bukman Lian, MM, M.Si
3. Penanggungjawab : Drs. H.Lukman Haris, M.Si
4. Panitia Pelaksana
a. Ketua Pelaksana : Drs. Maqdad Hatim,M.Hum
b. Wakil Ketua Pelaksana : Drs. H. Mirza Fansyuri,M.Pd
c. Sekretaris : Dr. Dessy Wardiah, M.Pd
d. Wakil Sekretaris : Muhamad Agung,M.Pd
e. Bendahara : Dra.Hj.Hernawati,M.M
5. Seksi Kesekretariatan
a. Koordinator : Drs.H.Slamet Cahyono,M.Pd
b. Anggota : Imron Ilyas,S.Pd, M.Si

6. Seksi Materi dan Seminar
a. Koordinator : Devi Emilia,M.Pd
b. Anggota : 1. Heri Yulian,S.Pd, M.Si
2. Mardalena,S.Pd.M.Si
7. Seksi Pendaftaran
a. Koordinator : Drs.H.Daud S.H,M.Si,M.H
b. Anggota : 1. Syaelan
2. Dhea Selvie,SE

8. Seksi Publikasi dan Dokumentasi
a. Koordinator : Drs.Haris Basid,M.Si
b. Anggota : Rudi Sushanto,S.H

12. JADWAL SEMINAR
Pukul Kegiatan Petugas Pelaksana Keterangan
07:30-08:30 Registrasi Peserta Panitia Seminar
08:30-09:00 Pembukaan

09:00-09:15 Break
Sesi ke- 1
09:15-10:00
Moderator Notulis :

10:00-10:45
10.45- 11.45 Sesi ke- 2
Lanjutan Sesi ke-2
•Moderator Notulis :

11.45-12.00 Penutupan

12:00 • Makan siang
• Panitia

13. PENUTUP
Demikian PROPOSAL ini kami sampaikan, dengan harapan dapat dijadikan pertimbangan bagi banyak pihak untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan memeringati HUT ke-71 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2016 di Provinsi Sumatera Selatan.

Palembang, 7 Desember 2016

Panitia Pelaksana,
Ketua, Sekretaris,

Drs.Maqdad Hatim,M.Hum Dr.Dessy Wardiah,M.Pd

Mengetahui/Menyetujui,
Ketua PGRI Provinsi
Sumatera Selatan,

H.Ahmad Zulinto,S.Pd, M.M
NPA. 0601040001

Nomor : 01/Panpel seminar/2016
Lampiran : –
Hal : MOHON JADI PEMBICARA

Kepada yth,
Ketua Dewan Kehormatan Guru Indonesia
Bapak Prof. Dr. Ing Wardiman Djojonegoro
Di
Tempat

Assalamualaikum Wr.Wb,
Seiring dengan surat ini, kami mendoakan semoga bapak selalu sehat dan berada dalam lindungan Allah SWT. Amin

Sehubungan dengan peringatan HUT ke-71 PGRI dan Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November, maka kami bermaksud mengadakan seminar Nasional yang InsyaAllah diadakan pada :

Hari/Tanggal : Kamis / 24 November 2016
Tempat : Asrama Haji. Jalan Letjen Harun Sohar Sukarami Palembang
Waktu : Pukul 08:00 WIB s.d selesai

Oleh karena itu, kami mohon bapak bersedia menjadi pembicara dalam kegiatan kami ini dengan tema: “MEMBANGKITKAN KESADARAN KOLEKTIF GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN”
Demikianlah surat permohonan ini kami buat, atas perhatian dan kesediaan bapak kami ucapkan terimakasih.

Billahi taufiq walhidayah
Wasslamualaikum wr.wb

Palembang, 15 November 2016
PANITIAPELAKSANA SEMINAR

Magdad Hatim .
KETUA SEKRETARIS

Mengetahui,

Katua PGRI Propinsi Sekretaris

H. Ahmad Zulinto, S.Pd.M,M Drs.H. Lukman Haris, M.Si
NPA PGRI 0601040001 NPA PGRI 0601120001

Palembang, November 2016
Nomor : /Und /Prov/ XXV/ 2016
Lampiran : –
Perihal : UNDANGAN SEMINAR NASIONAL
Peringatan HUT ke-71 PGRI dan HGN Tahun 2016

Kepada,
Yth. Kepala SD/SMP/SMA/SMK
Di Tempat

Assalamualaikum, Wr.Wb
Dalam Rangka Memperingati HUT ke-71 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2016, akan dilaksanakan seminar sehari oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dengan tema : “MEMBANGKITKAN KESADARAN KOLEKTIF GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN” maka kami mohon kepada Bapak/Ibu kepala SD,SMP,SMA,SMK Negeri dan Swasta untuk mengutus guru untuk hadir pada:
Hari/Tanggal : KAMIS/ 24 November 2016
Waktu : 08:00 s/d 13:00 wib
Tempat : Asrama Haji. Jalan LetjenHarun Sohar Kebun Bunga Sukarami Palembang.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terimakasih.

Wassalamualaiku Wr. Wb
Mengetahui,
Katua PGRI Provinsi Sumatera Selatan Ketua Pelaksana

Ahmad Zulinto, S.Pd.M,M Magdad Hatim
NPA PGRI 0601040001 NPA PGRI 0601150036

Catatan : 1. Be on Time
2. Uang Kontribusi : Rp. 200.000.00 / orang
3. Peserta : SD ( kepala sekolah + 1 orang guru )
SMP ( kepala sekolah + 2 orang guru )
SMA ( kepala sekolah + 2 orang guru )
SMK ( kepala sekolah + 2 orang guru )

Tembusan : 1. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Palembang
2. Kepala Sekolah
3. Arsip

SURAT KEPUTUSAN
PENGURUS PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) PROVINSI SUMATERA SELATAN
Nomor : /SK/Prov/XXV/2016
Tentang
PEMBENTUKAN PANITIA PENYELENGGARA SEMINAR NASIONAL
PERINGATAN HUT PGRI KE-71 DAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2016
TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Menimbang : a.

b.

c.

d. bahwa salah satu jati diri PGRI adalah sebagai organisasi perjuangan, profesi, dan ketenagakerjaan.
bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian organisasi dalam kemampuan organisasi dalam kemampuan financial dan kapasitas pengurus dalam mengelola organisasi.
bahwa untuk pembelajaran dalam mengelola organisasi, salah satu kegiatan adalah melalui seminar.
bahwa untuk tertib dan lancarnya seminar/pelatihan tersebut ditetapkan melalui surat keputusanan.
Mengingat :
1.
2.
3 AD/ART PGRI hasil Kongres XXI Tahun 2013 di Jakarta.
Program Kerja PGRI Provinsi Sumatera Selatan Masa Bakti 2015-2016

Memperhatikan : Keputusan Rapat Pleno Pengurus PGRI Provinsi Sumatera Selatan tanggal …. April 2016

MEMUTUSKAN

Menetapkan
:
KEPUTUSAN PENGURUS PGRI PROVINSI SUMATERA SELATAN TENTANG PEMBENTUKAN PANITIA PENYELENGGARA SEMINAR NASIONAL PERINGATAN HUT PGRI KE-71 DAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2016 TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Pertama : Mengangkat dan mengesahkan Susunan Panitia Penyelenggaraan Seminar Pendidikan Tahun 2016 Tingkat Provinsi Sumatera Selatan .
Kedua
:
Memberikan tugas kepada panitia untuk melaksanakan Seminar Pendidikan Tahun 2016 Tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang akan dilaksanakan tanggal ……… Mei 2016.
Ketiga
: Dalam melaksanakan tugas, panitia bertanggung jawab kepada Pengurus PGRI Provinsi Sumatera Selatan.
Keempat

:
Segala biaya yang timbul diakibatkan oleh keputusan ini dibebankan pada anggaran PGRI Provinsi Sumatera Selatan dan usaha lain yang sifatnya tidak mengikat.
Kelima : Surat Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam penetapan ini

Ditetapkan di : Palembang
Pada tanggal : 3 Mei 2016

KETUA,

AHMAD ZULINTO, S.Pd., M.M.
NPA.PGRI. 0601040001
SEKRETARIS UMUM,

Drs. H. LUKMAN HARIS, M.Si.
NPA. PGRI. 0601120001
Tembusan
1. Ketua Umum PB PGRI di Jakarta
2. Ketua PGRI Kab/Kota se-Sumsel
3. Arsip

Lampiran: SK Pengurus PGRI Provinsi Sumatera Selatan
Nomor : 018/SK/Prov/XXV/2016
Tanggal : 3 Mei 2016
Tentang : PENGANGKATAN DAN PENGESAHAN
PANITIA SEMINAR PENDIDIKAN
TAHUN 20126
——————————————————————–
SUSUNAN KEPANITIAAN

1. Pembina : Ahmad Zulinto, S.Pd. M.M.
2. Penasihat : 1. Dr. H. Dwi Priyono, M.Ed
2. Merki Bakri, S.Pd. M.M
3. Drs. Room SM.HK
4. Dr. Bukman Lian, MM, M.Si
3. Penanggungjawab : Drs. H.Lukman Haris, M.Si
4. Panitia Pelaksana
a. Ketua Pelaksana : Dr. Jalaluddin, M.PSA.
b. Wakil Ketua Pelaksana : Dr. Nurlina, S.Pd, M.M
c. Sekretaris : Surmana, S.Pd., M.Si.
d. Wakil Sekretaris : Muhamad Agung, M.Pd
e. Bendahara : Dra.Hj. Rosdiana, M.M

5. Seksi Kesekretariatan
a. Koordinator : Bahrin, S.Pd., M.M.
b. Anggota : Syaelan S.Ap
6. Seksi Materi dan Seminar
a. Koordinator : Dra.Hj. Hernawati, M.M
b. Anggota : 1. Drs.H.Putloro Setiono H, M.Pd
2. Wandiyo, M.Pd
7. Seksi Pendaftaran
a. Koordinator : Dareni,S.Pd,M.Si
b. Anggota : 1. Heri Yulian, S.Pd. M.Si
2. Husnawati
8. Seksi Publikasi dan Dokumentasi
a. Koordinator : Drs.H.Herman Wijaya, M.Si
b. Anggota : Drs.H.Budiono Marihan, M.Si

KETUA,

AHMAD ZULINTO, S.Pd., M.M.
NPA.PGRI. 0601040001
SEKRETARIS UMUM,

Drs. H. LUKMAN HARIS, M.Si.
NPA. PGRI. 0601120001

A. PENGARAH : Ahmad Zulinto, S.Pd., M.M.
Ketua PGRI Provinsi Sumatera Selatan

B. PENASEHAT : 1. Dr. H. Dwi Priyono,M.Ed
2. Merki Bakri,S.Pd. M.M
3. Drs. M. Room.SM.HK
4. Dr.H. Bukman Lian,M.M M,Si

C. PENANGGUNG JAWAB : Drs. Lukman Haris, M.Si

D. PANITIA PELAKSANA
Ketua : Dr. Jalaludin, M.PSA
Wakil Ketua : Dr. Nurlina, S.Pd. M.M
Sekretaris : Drs.Sumarna, M.M
Wakil Sekretaris : Muhamad Agung, M.Pd
Bendahara : Dra.Hj Rosdiana, M.M

E. SEKSI-SEKSI
1. Seksi Sekretariat
Ketua : Bahrin, S.Pd. MM
Anggota : 1. Heri Yulian, S.Pd. M.Si
2.
3.

2. Seksi Materi dan Seminar
Ketua : Dra. Hj. Hernawati, MM
Anggota : 1. Drs. H. Putrolo
2.

3. Seksi Publikasi dan Dokumentasi
Ketua : Herman Wijaya
Anggota : Budiono

4. Seksi Akomodasi/Konsumsi
Ketua :
Anggota : 1.
2.
3.
4.
5.

5. Seksi Tarnsportasi/Penjemputan
Ketua :
Anggota 1.
2.

6. Seksi Persidangan dan Notulen
Ketua :
Anggota : 1.
2.

7. Seksi Humas, Publikasi dan Dokumentasi
Ketua :
Anggota : 1.
2.

8. Seksi Keamanan/Parkir dan Perlengkapan
Ketua :
Anggota : 1.
2.
3.
4.
5.

KETUA,

AHMAD ZULINTO, S.Pd., M.M.
NPA.PGRI. 0601040001
SEKRETARIS UMUM,

Drs. H. LUKMAN HARIS, M.Si.
NPA. PGRI. 0601120001

#58 @2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s