Jadi Pramuka, Jadi Pribadi Tangguh: SMA Jkt Utara

dwitagama pramuka 3
dwitagama pramuka 5
dwitagama pramuka 4dwitagama pramuka 2dwitagama pramuka 1

Di SMK Perguruan Cikini Jakarta Utara Saya dipertemukan dengan aktifis Pramuka SMA se Jakarta Utara pada tgl 14 Desember 2015, awalnya saya brain storming bahwa pada setiap kegiatan yang digemari atau hobby masyarakat seperti sepakbola, bersepeda, mendaki gunung, volley, futsal, musik, dsb hampir selalu ada tokoh, atau pribadi yang sangat dikenal atau terkenal ahli, setia, yang melekat dengan hobbynya itu. Dalam hal aktifitas Pramuka, Saya bertanya siapa tokoh yang terkenal dan sangat menyenangi Pramuka sehingga selalu menjadi rujukan atau tampil saat membicarakan Pramuka, ternyata tak ada peserta yang bisa menyebut satu tokohpun sebagai panutan Pramuka di Indonesia, kenapa? Apakah selama puluhan tahun Pramuka ada di Indonesia dan melakukan berbagai kegiatan yang jumlahnya mungkin hingga jutaan kali di dalam dan di luar negeri, mengapa tak berhasil munculkan satu tokoh idola?

Salah satu cara jika ingin jadi PRamuka idola yang bisa jadi panutan di kemudian hari adalah dengan melaksanakan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramua dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, saat berseragam Pramuka maupun tak berseragam Pramuka, mendokumentasikan setiap kegiatan dan mempublikasikannya melalui sosial media, blog, website, youtube, dsb.

Demikian salah satu inti sharing Saya dengan anak-anak muda yang aktif di bidang Pramuka perwakilan SMA se Jakarta Utara, semoga bermanfaat.

Nikmati ribuan foto-foto training saya disana, ribuan foto saya lainnya di instagram, video saya di Youtube ada ratusan bisa dinikmati disini.

#63 @2015.

Leave a Reply

