SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DI BARABAI KAB HULU SUNGAI TENGAH KALIMANTAN SELATAN

Ratusan

Ratusan

-

Dialog

Dialog

Ini reportase kegiatan saya pada Seminar Nasional Pendidikan di Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan, seperti yang ditulis Omjay di Kompasiana.

Sabtu, 28 September 2013 saya diundang oleh pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) wilayah Kalimantan Selatan untuk menjadi nara sumber Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Saya ditemani pak Dedi Dwitagama yang memberikan materi menjadi guru hebat dengan karya tulis. Materi ini dirangkai dalam seminar nasional pendidikan yang diketuai oleh Gusti Surian Selaku Ketua Umum IGI Kalsel yang menjemput kami di Banjarmasin.

Peserta seminar Nasional Pendidikan di Barabai Sungai Hulu Tengah Hadir dalam seminar nasional itu adalah pejabat sekda kabupaten hulu sungai tengah dan kepala dinas pendidikan setempat. Sekitar 400 orang guru hadir memenuhi gedung sasana bina krida dan budaya. Foto lengkapnya, dapat dilihat di sini.

Pak Dedi bercerita dalam presentasinya bahwa Dari 3 juta guru di Indonesia, sedikit sekali guru hebat di Indonesia. Oleh karena itu para guru bisa menjadi guru hebat dengan membuat karya tulis ilmiah. Dari karya tulis ilmiah itu, pengalaman dan pengetahuan guru dalam pembelajaran dapat disebarkan kepada teman-teman guru lainnya di nusantara. Mereka menulis bukan semata-mata untuk naik pangkat. GTetapi lebih kepada kewajiban untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada teman-teman guru lainnya.

Dalam kegiatan ini, ada penyerahan karya tulis ilmiah guru kepada bupati barabai dan jurnal ilmiah igi wilayah Kalimantan Selatan. Ternyata, sudah mulai banyak guru yang melaporkan hasil penelitiannya, dan menuliskannya dalam jurnal ilmiah yang dipublikasikann oleh pengurus IGI wilayah Kalsel. Wow luar biasa! Dua jempol buat pengurus IGI Kalsel yang telah mengumpulkan karya tulis ilmiah teman-teman guru.

Penyerahan IGI Award kepada Guru yang Menginspirasi

Penyerahan IGI Award kepada Guru yang Menginspirasi

Hal menarik dalam seminar nasional pendidikan ini adalah dilakukan penyerahan IGI AWARD buat Guru Hulu Sungai Tengah Ibu Dra. Rohanah, hadiah berupa Notebook dari pembina IGI Kalsel. Beliau memang pantas untuk mendapatkan hadiah IGI Award karena pengabdiannya yang luar biasa.

#72 @2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s