Pembinaan Leadership & Ekstra Kurikuler Siswa SMA – SMK Jakarta Pusat

MOVING

Di SMK Negeri 27 Jakarta Jl. Budi Utomo Pasar Baru Jakarta Pusat , 17 Juni 2010 Saya mengelola Training Pembinaan Leadership & Ekstra Kurikuler, pesertanya hampir 100 Siswa SMA-SMK se Jakarta Pusat. Ditemani Trainer Sulistiyani, M.Pd dan Afrizal Lazuardi Ichsan, M.Si, kami beraksi sejak pk 09.00 hingga 15.30 WIB.

Seperti training sehari sebelumnya, peserta duduk berkelompok dengan teman dari sekolah yang sama, terlihat dari seragam yang serupa berkelompok dan saling berbicara di lokasi yang sama, mereka belm membaur.

MEMBAUR, LESEHAN

Diawali dengan Ice Breaking, memotivasi peserta untuk saling berkenalan dan mengantar pemikiran, konsentrasi peserta training untuk fokus pada berbagai aspek mengenai Leadership & Ekstra Kurikuler. Sessi satu di akhiri dengan pembentukan kelompok dan duduk bersama kelompok yang baru dibentuk sehingga diperoleh rasa nyaman peserta karena telah berbaur dengan teman dari sekolah yang berbeda, bekerja sama mencari “Benda-benda di dalam Aula SMKN 27 Jakarta yang diawali huruf “S”, dengan cara peserta tidak melakukan komunikasi lisan.

Sessi kedua, setelah coffee break Trainer Afrizal Lazuardi Ichsan, M.Si,  sharring tentang Kegiatan Ekskul secara umum yang targetnya pada akhir sessi diharapan peserta mampu mencari alternatif kegiatan-kegiatan ekskul yang unik dan tak biasa, diakhiri dengan penugasan kelompok untuk mencari alternatif kegiatan ekskul yang unik sebanyak-banyaknya.

Setelah istirahat sholat dan makan siang, Trainer Sulistiyani, M.Pd sharring bagaimana cara penulisan proposal kegiatan ekskul yang targetnya pada akhir sessi diharapan peserta mampu menulis proposal kegiatan ekskul dan merancang strategi kegiatan yang berkualitas.

CLOSING

Sessi ke tiga ini diakhir dengan kesenyapan, karena semua peserta sibuk dengan kelompok masing-masing, mereka ditugaskan untuk menulis proposal kegiatan ekskul, menindaklanjuti hasil diskusi di sessi sebelumnya.

Terima kasih kepada Trainer Sulistiyani, M.Pd dan Afrizal Lazuardi Ichsan, M.Si, yang berkenan bersinergi dengan Saya, juga tim support Zaenal Apriyanto, S.Pi dan Husaeni Laawu, S.Pi, S.Pd, semoga kita bias bersinergi lagi di waktu mendatang.

Kepada Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Pusat, kam haturkan ucapan terima kasih yang tak hingga atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, Bp. Suradi, Bp. Taridi, Bp. Edang, Bp. Giri, Ibu. Minah, dll, membantu kami dalam banyak hal.

Terima kasih kepada semua peserta yang sangat aktif merespon games, tugas dan ikut sharring serta bertanya banyak aspek, semoga kalian sukses kelak.

2 thoughts on “Pembinaan Leadership & Ekstra Kurikuler Siswa SMA – SMK Jakarta Pusat

  1. permisi? saya beh bertanya? waktu itu saya diceritakan tentang smk ini oleh guru ips saya . mendengar cerita itu saya jadi tertarik untuk mendaftar kesana . apa saya boleh tau? berapakah nem yang harus saya gapai untuk masum ke SMK 27 tahun ini? terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s