ROBOT di Penyuluhan Narkoba

Pada hari selasa 13 Maret 2007 tempat di Balai Diklat BPPT Ciawi Bogor Pk. 19.10. Bapak Dedi dwitagama memulai memberikan pelatihan “BAGAIMANA MENJADI PENYULUH YANG BAIK”, diawali dengan memberikan aba-aba “Siapa Yang Paling Tinggi Mengambil Posisi Tepat Dihadapan Saya “, dan orang yang paling tinggi menjadi patokan untuk membuat sebuah lingkaran dengan menyesuaikan tinggi dari masing-masing peserta.

Pada saat penyesuaian tinggi badan ada beberapa peserta yang membantu mengatur tinggi badan peserta yang lain, itu menandakan bahwa dari 80 peserta ada beberapa orang yang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Dua orang peserta yang berjiwa kepemimpian yang tinggi ditunjuk Bapak Dedi maju kedepan sebagai orang yang patut dicontoh.

Bapak Dedi menawarkan untuk 8 orang peserta lainnya, siapa yang mau menjadi pemimpin. Setelah dapat Ke-8 peserta ini berbaris dan Bapak Dedi menginstruksikan untuk para peserta lainnya agar mengikuti barisan para peserta yang bersedia menjadi pemimpin. Setelah itu Bapak Dedi memulai kuis yaitu dengan memberikan tiap baris peserta 3 buah balon, aturan mainnya adalah :
1. Balon ditiup
2. Tulis di balon yang sudah ditiup ide-ide”Bagaimana Menjadi Penyuluh Yang Baik”
3. Perwakilan dari barisan membacakan apa yang sudah ditulis
4. Untuk ide terbanyak akan mendapat hadiah langsung

Setelah selesai kuis para peserta duduk sesuai dengan barisan yang sebelumnya sudah diatur. Peserta diberi tugas yaitu mendiskusikan, mempersentasikan “Bagaimana Cara Memberikan Penyuluhan Yang Efektif” dengan waktu 7 menit untuk diskusi dan 3 menit untuk mempersentasikan. Dan setelah 7 menit berlalu, saatnya untuk persentasi.
Setelah beberapa kelompok persentasi, ternyata banyak cara untuk memberikan penyuluhan yang efektif.

Dari beberapa kelompok yang persentasi, ada satu kelompok yang mempunyai ide bagus bagaimana cara memberikan penyuluhan yang efektif. Dia menggunakan metode studi kelompok, yaitu memberikan penyuluhan dengan menggunakan robot (yang diperankan manusia) bertugas menjawab semua pertanyaan dari para peserta dan juga bertugas sebagai penghibur. Hampir semua peserta tertawa, Saya pun ketika bertugas sebagai asisten Bapak Dedi pada saat itu, tertawa…..melihat mereka mempersentasi idenya.

Dan jika saya disuruh berkomentar tentang apa yang mereka persentasikan, saya akan mengucapkan “GOOD IDEA, GOOD TEAM WORK, and GOODDDDD deh”. Dan tidak lupa juga mereka mendapat hadiah loh….., baiknya Pak Dedi.

Dua jam berlalu dan waktunya berpisah, tapi tidak lupa Bapak Dedi memberikan sesi untuk bertanya, memberikan nomor telepon dan alamat email guna memudahkan jika ada yang bisa dibantu oleh Bapak Dedi Dwitagama. Pukul 21.20 Bapak Dedi menutup acara.

DituliS oleh: OMEN

One thought on “ROBOT di Penyuluhan Narkoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s