“Curriculum Development” di SF Teacher Institut


Sabtu, 29 September 2007 pukul 08.00 – 15.00 WIB. Pertama kalinya Bapak Dedi Dwitagama menjadi nara sumber di Sampoerna Foundation Teacher Institut, materi yang dibawakan adalah “Curriculum Development”.
Pesertanya kali ini adalah bapak/Ibu guru dari Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Seperti masakan kurang garam rasanya bila para peserta belum saling mengenal.

Untuk itu Bapak Dedi mengeluarkan strategi agar para peserta dengan mudah saling mengenal satu sama lain. Caranya adalah menugaskan peserta untuk manggambarkan diri mereka masing-masing, dengan catatan tidak boleh menuliskan nama mereka. Setelah selesai hasil gambar diacak dan dibagikan kepada peserta. Tugasnya adalah mencari tau gambar siapa ini, dan tanyakan identitas/biodata selengkap-lengkapnya. Dengan begitu peserta akan saling mengenal satu sama lain.

Materi pun telah dijabarkan, intinya adalah supaya para guru mempunyai strategi agar siswa/siswi menyukai apa yang telah diajarkan dikelas. Tidak berhenti disitu saja….. Bapak menugaskan agar para peserta mempraktekkan ide-ide yang telah dibuat oleh kelompok masing-masing, kelompoknya terbagi atas keolmpok Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Sejarah, Geografi, dan Kewarganegaraan.

Salah satunya adalah dari kelompok Bahasa Inggris, metode yang dipakai adalah mengajar dengan games. Caranya adalah dengan menyebutkan barang-barang yang diruangan waktu itu dengan menggunakan Bahasa Inggris pastinya…. dengan menggunakan alat Bantu bola, bola ini digunakan untuk menujukan pertanyaannya dengan melemparkan bolanya. Eng….ing….eng…. Respon baik t’lah didapat oleh Bapak Yusuf perwakilan dari kelompok Bahasa Inggris yang membawakan strategi itu.

Pukul sudah menunujukan Jam 14.45 waktunya Bapak Dedi menutup, tapi sebelum menutup tidak lupa Bapak memberikan kesempatan untuk menyampaikan kesimpulan, kesan dan komentarnya selama mengikuti pelatihan.

Foto dan tulisan: Omen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s