Dharma Pertiwi Bergairah … MERIAH

Pesertanya sekitar 60 orang, terdiri dari Ibu-ibu Dharma Pertiwi, bertempat di Wisma Handayani Jakarta Selatan, BNN mengundang Saya memberi materi “Teknik dan Simulasi penyuluhan” … dengan cara permainan, diskusi kelompok dan action.

Saya minta peserta barbaris sesuai dengan kriteria yang Saya beri … setelah itu mereka saling berkenalan dengan dua orang di kiri dan kanan mereka … setelah Saya membuka pelatihan dengan memaparkan target dan strategi yang akan dilakukan, Saya tugaskan mereka untuk mendiskusikan teknik membuka penyuluhan dan memaparkannya … wahhhhhh dasar ibu-ibu …. rame dan meriah sekali suasananya … idenya banyak, mulutnya rame … menggairahkan, sampai-sampai ada peserta yang sakit jadi sembuh dan bertahan hingga akhir. Karena ada selingan lagu Bang Toyib sambil joget bersama …

Berikutnya Saya tugaskan peserta untuk mendiskusikan teknik penyuluhan yang efektif dan tak efektif dengan cara mengambar bentuk hati di flowchart, dan menuliskan hal-hal efektif di dalam hati dan sebaliknya. Mereka serius main banyal-banyakan … menguber hadiah yang telah Saya siapkan … he he he … rame terusss …

Saya cuma punya sisa waktu 20 menit untuk memaparkan empat strategi dasar menjadi penyuluh … hingga waktu berakhir … ger-geran terus berulang, karena saat paparan Saya hubungkan dengan kejadian lucu yang baru saja terjadi saat mereka diskusi dan paparan … hingga waktu harus memisahkan kita … dalam kegembiraan dan gairah … kita berpisah dalam gerah ha ha ha… selamat kembali ke daera masig-masing, jangan menghitung hari yaaaa … karena kita sayang pada keluarga kita … terima kasih atas kegembiraan yang tercipta, semoga sukses

Leave a Reply

